Selasa, 16 Februari 2010

PROFIL RA ALIKHLAS 290

PENDAHULUAN
Anak Usia 4-6 tahun merupakan bagian dari anak usia dini yang berada pada rentang usia lahir sampai 6 Tahun .Pada Usia ini secara terminology disebut sebagai anak usia pra sekolah. Perkembangan kecerdasan pada masa ini mengalami peningkatan dari 50 % menjadi 80 %. Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Kurikulum Balitbang Diknas Tahun 1999 menunjukan bahwa hampir pada sPeluruh aspek perkembangan anak yang masuk TK mempunyai kemampuan lebih tinggi dari pada anak yang tidak masuk TK pada saat berada dikelas 1 SD.


Diperkirakan bahwa anak anak yang mengulang kelas di SD adalah anak yang tidak masuk pendidikan pra sekolah atau Taman Kanak - Kanak. Mereka adalah anak yang belum siap dan tidak dipersiapkan oleh orang tuannya memasuki SD. Adanya perbedaan yang besar antara pola pendidikan di sekolah dengan di rumah menyebabkan anak yang tidak masuk pendidikan Taman Kanak Kanak mengalami kejutan dan tidak dapat menyesuaikan diri sehingga tidak dapat berkembang secara optimal, hal ini menunjukan pentingnya upaya pengembangan seluruh potensi anak usia pra sekolah.

Guna memenuhi tuntutan dan kebutuhan masyarakat untuk mempersiapkan putra-putrinya di pendidikan formal maka Yayasan Al-Ikhlas mencoba mengabdikan dirinya bagi bangsa Indonesia dengan mendirikan Raudhatul Athfal / TK Islam Al-Ikhlas 290 dengan surat keputusan DD/Mi-10/RA/PP.004-02/98 Pada tanggal 24 Juli 1998 dengan NSS 012320314126, dengan berdirinya RA Al-Ikhlas 290 diharapkan dapat membantu orang tua siswa untuk mempersiapkan putra-putrinya memasuki jenjang Pendidikan Dasar.

VISI
“ Mempersiapkan Generasi muslim yang beriman dan berakhlak mulia, serta menguasai ilmu pengetahuan dan Tehnologi “ .
1. MISI
Meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya Program Wajib Belajar.
2. Meningkatkan peran serta masyarakat sekitar dalam menciptakan lingkungan yang sehat,bersih ,nyaman dan indah dalam menunjang kegiatan belajar mengajar
3. Meningkatkan kemampuan kreativitas dan intelegensi anak didik sesuai dengan tahapan perkembangan fisik dan mental anak.
4. Menghargai ide dan kreativitas seluruh komponen sekolah yang bersifat Positif
5. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia secara kontinu dengan mengikut sertakan dalam pelatihan dan Workshop
ALAMAT SEKOLAH
Jalan Raya Gunung Putri Selatan Rt 2/ 4 No 28 Ctr 16810 Tp / Fax : 021.8762579
http://alikhlas290.blogspot.com E-Mail : alikhlas.citrautama@gmail.com
SISWA
Letak sekolah yang berada di jalan Raya Gunung Putri Selatan di rasa sangat strategis bagi masyarakat sehingga minat masyarakat untuk memasukan putra-putrinya di RA Al-Ikhlas 290 sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari data siswa RA Al-Ikhlas dari tahun ketahun pada Tabel perkembangan sbb :

Tabel Perkembangan Siswa RA Al-Ikhlas 290
POMG
Latar belakang sosial budaya siswa siswi RA Al-Ikhlas adalah masyarakat asli dan pendatang .Semangat besar yang dimiliki masyarakat yang berbeda tersebut dapat di satukan melalui wadah orang tua yang tergabung dalam Persatuan Orang tua siswa dan guru di mana wadah ini sangat membantu sekolah dalam menjalankan aktivitas KBM yang ada di RA Al-Ikhlas 290



SUSUNAN PENGURUS POMG TAHUN 2009 – 2010
1. Ketua : Ibu Marini (orang tua dari Dita )
2. Sekretaris : Ibu Sri Handayani (Orang tua dari Shahnaz)
3. Bendahara : Ibu Setiatun ( Orang tua dari Akbar Nugraha )
4. Humas : Ibu Nani ( Orang tua dari M.Nauval)

PRINSIP PRINSIP RA AL - IKHLAS

1. Mengembangkan kemampuan anak secara alamiah sesuai dengan tingkat perkembangannya.
2. Berusaha membuat anak merasa bebas dan aman secara psikologis sehingga senang belajar disekolah.
3. Menggalang kerjasama antar sekolah,keluarga dan masyarakat.
4. Senantiasa terbuka bagi hal hal yang menunjang pendidikan anak
5. Berusaha melengkapi segala kebutuhan yang menunjang perkembangan anak secara optimal.
6. Suksesnya pendidikan RA Al-Ikhlas 290 sangat ditentukan oleh kwalitas pendidiknya.



KURIKULUM
Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kompetensi yang dibakukan dan cara pencapaiannya disesuaikan dengan keadaan dan kemampuan daerah .Kurikulum dilaksankan dalam rangka membantu anak didik mengembangkan berbagai potensi baik fshikis dan fisik yang meliputi moral dan nilai - nilai agama, sosial, emosional, kognitif, bahasa, fisik / motorik, kemandirian dan seni untuk seaip memasuki pendidikan dasar.

Hasil belajar merupakan cerminan kemampuan anak yang dicapai dari suatu tahapan pengalaman belajar dalam satu kompetensi dasar. Untuk melengkapi semua kemampuan tersebut RA Al-Ikhlas menggunakan kurikulum terpadu antara Diknas, Depag sehingga hasil akhirnya dua kemampuan dapat tercapai yaitu kemampuan Agama dan Umum)
GURU
Guru sebagai ujung tombak dalam dunia kependidikan dirasakan sudah kehilangan perannya.

Tuntutan hidup yang harus dihadapinya membuat peran yang dimainkan guru kurang optimal. Agar terus bisa mencukupi kebutuhan hidupnya, supaya hal itu tidak terjadi di RA Al-Ikhlas maka pihak Yayasan selalu mencoba untuk memperhatikan kesejahteraan dan meningkatkan honornya tiap 1 tahun 1 kali.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Minima 4 coloum Blogger Template by Beloon-Online.
Simplicity Edited by Ipiet's Template